Sabtu, 04 November 2017

Cara Setting AirGrid M2HP sebagai Client Via Komputer

Selamat malam semuanya...

Pada mmalam akhir pekan ini Via Komputer akan berbagi sedikit tips tntang jaringan internet. Sambil menunggu redanya hujan pada malam minggu ini, saya akan berbagi tips tentang bagaiman caranya Setting AirGrid M2HP sebagai Cliet melalui Komputer/Laptop.


Seperti artikel sebelumnya yakni Cara Setting Bullet M2Hp Sebagi Station Via Komputer, sebetulnya hampir sama caranya. Bahkan bisa dikatakan sama persis.

Itu Kenapa?

Karena Bullet dengan AirGrid merupakan produk sama dari Ubiquiti, yang mana firmware dari perangkat ini juga hampir sama. So untuk cara stingnya juga tidak jauh berbeda dengan produk ubiquiti lainnya.

Baca Juga:Cara Setting AirGrid M5HP Sebagai Acces Point
Cara Setting Bullet M2 Sebagai Station/Client

Oke..g perlu panjang lebar ngobrolnya. Berikut adalah Cara Setting AirGrid M2HP sebagai Client atau sebagai Station Via Komputer:

1. Setting terlebih dahulu IP addres Komputer/Laptop kalian dengan IP 192.168.1.1, Subnet 255.255.255.0 dengan Gateway 192.168.1.1

Cara Setting AirGrid M2HP sebagai Client Via Komputer


2. kalau sudah silahkan ping ip 192.168.1.20 dengan CMD. Caranya pencet tombol Windows+R

Cara Setting AirGrid M2HP sebagai Client Via Komputer


3. kalau sudah tersambung, buka Browser ketik 192.168.1.20 lalu Enter

4. Masukan user "ubnt" dengan password "ubnt" , pilih country Indonesia, namun saya sarankan untuk memiih compilant test. namun jika tidak tampil compilant test bisa baca Cara menampilkan Compilant Test. lalu tekan Login

Cara Setting AirGrid M2HP sebagai Client Via Komputer


5. Setelah terbuka halaman utama menu AirGrid M2HP, siahkan klik Wireless.

6. Kemudian pilih mode Wireless, jika untuk Client maka harus pilih mode Station, namun jika untuk Aces Point bisa dipilih Acces Point. Lalu pada Channel Width harus disesuaikan dengan Channel Aces point. Jika Acces point nya memakai Channel Width 20 maka client harus menggunakan Channel Width 20 MHz, Frequency scan list dicentang, kemudian pilih beberapa channel yang sesuai, otput power dibikin maksimal, setelah itu klik CHANGE. Jangan di APPLY dulu.


Cara Setting AirGrid M2HP sebagai Client Via Komputer

7. Langkah selanjutnya klik menu Advanced, lalu set jarak dengan menggeser kekanan sesuai dengan jarak access point. lanjuttkan klik CHANGE, kemudian baru klik APPLY maka radio akan restart.

8. Setelah itu klik kembali menu Wireless, lalu klik Scan untuk menscanning Acces point, jika sudah ketemu SSID Acces pointnya, pilih SSID nya dengan klik tombol lingkaran kecil di samping SSID, lalu klik Change dan APply.
Cara Setting AirGrid M2HP sebagai Client Via Komputer


9. Selesai.

Itulah sedikit tips dari Via Komputer mengenai bagaimana cara Setting AirGrid M2HP sebagai Client atau station melalui Komputer/ laptop. Semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar