Jumat, 27 Oktober 2017

Sejarah Singkat Perkembangan Internet di Dunia

Sejarah Singkat Perkembangan Internet di Dunia
Source Image: http://www.clickittefaq.com

Via Komputer - Anda semua mungkin sudah tahu apa fungsi atau kegunaan dari internet. Namun, apakah Anda sudah sejarah munculnya internet di dunia ini?

Nah untuk menambah wawasan Anda, berikut saya ulas tentang sejarah singkat mengenai perkembangan internet di dunia hingga saat ini.

Sejarah internet dimulai seiring dengan perkembangan komputer elektronik pada  tahun 1950 an. Konsep awal jaringan area luas ini berasal dari beberapa laboratorium ilmu komputer yang berada di Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis.

Departemen Pertahanan AS memberikan kontrak pada awal tahun 1960an, termasuk untuk pengembangan proyek ARPANET, yang disutradarai oleh Robert Taylor dan dikelola oleh Lawrence Roberts. Pesan pertama dikirim melalui ARPANET pada tahun 1969 dari laboratorium ilmu komputer Profesor Leonard Kleinrock di University of California, Los Angeles (UCLA) ke node jaringan kedua di Stanford Research Institute (SRI). Jaringan switching paket seperti jaringan NPL, ARPANET, Tymnet, Merit Network, CYCLADES, dan Telenet, dikembangkan pada akhir 1960an dan awal 1970an menggunakan berbagai protokol komunikasi.

Donald Davies pertama kali menunjukkan packet switching pada tahun 1967 di National Physics Laboratory (NPL) di Inggris, yang menjadi testbed untuk riset Inggris selama hampir dua dekade.

Proyek ARPANET menyebabkan pengembangan protokol untuk internetworking, di mana beberapa jaringan terpisah dapat digabungkan ke dalam satu jaringan.

Internet protocol suite (TCP / IP) dikembangkan oleh Robert E. Kahn dan Vint Cerf pada 1970-an dan menjadi protokol jaringan standar ARPANET, menggabungkan konsep-konsep dari proyek CYCLADES Perancis yang disutradarai oleh Louis Pouzin. Pada awal 1980an, NSF mendanai pendirian pusat super komputer nasional di beberapa universitas, dan memberikan interkonektivitas pada tahun 1986 dengan proyek NSFNET, yang juga menciptakan akses jaringan ke situs super komputer di Amerika Serikat dari organisasi penelitian dan pendidikan.
Penyedia layanan Internet Komersial (ISP) mulai muncul di akhir tahun 1980an. ARPANET telah dinonaktifkan pada tahun 1990. Sambungan pribadi yang terbatas ke bagian-bagian Internet oleh entitas komersial resmi muncul di beberapa kota di Amerika pada akhir tahun 1989 dan 1990, dan NSFNET telah dinonaktifkan pada tahun 1995, menghapus pembatasan terakhir atas penggunaan Internet untuk membawa lalu lintas komersial (sumber: Wikipedia).

Sejarah Singkat Perkembangan Internet di Dunia


Pada tahun 1980an, penelitian di CERN di Swiss oleh ilmuwan komputer Inggris Tim Berners-Lee menghasilkan World Wide Web (WWW), yang menghubungkan dokumen hypertext ke dalam sistem informasi, dapat diakses dari setiap simpul di jaringan. Sejak pertengahan 1990-an, Internet memiliki dampak revolusioner terhadap budaya, perdagangan, dan teknologi, termasuk munculnya komunikasi instan oleh surat elektronik, pesan instan, voice over Internet Protocol (VoIP) panggilan telepon, interaktif dua arah video call, dan World Wide Web dengan forum diskusi, blog, jejaring sosial, dan situs belanja online.
Komunitas riset dan edukasi terus mengembangkan dan menggunakan jaringan canggih seperti JANET di Inggris dan Internet2 di Amerika Serikat. Peningkatan jumlah data ditransmisikan pada kecepatan yang lebih tinggi dan lebih tinggi dari jaringan serat optik yang beroperasi pada 1-Gbit / s, 10-Gbit / s, atau lebih.

Pengambilalihan pemandangan komersil secara global hampir seketika dalam hal sejarah: hanya dikomunikasikan 1% dari informasi yang mengalir melalui jaringan telekomunikasi dua arah di tahun 1993, sudah 51% pada tahun 2000, dan lebih dari 97% informasi telecommunicated pada tahun 2007. [7] Saat ini Internet terus berkembang, didorong oleh jumlah informasi online, perdagangan, hiburan, dan jejaring sosial yang semakin besar.

Alat Komunikasi Internet Pertama

Seperti yang dikutip dari Wikipedia, Ponsel pertama kali yang ada pada saat itu dengan konektivitas Internet adalah Nokia 9000 Communicator yang diluncurkan di Finlandia pada tahun 1996. viabilitas akses layanan Internet pada ponsel terbatas sampai harga turun dari model tersebut, dan penyedia jaringan mulai mengembangkan sistem dan layanan yang mudah diakses telepon. NTT DoCoMo di Jepang meluncurkan layanan mobile Internet pertama, i-mode, pada tahun 1999 dan ini dianggap sebagai kelahiran layanan internet ponsel. Pada tahun 2001, sistem email ponsel oleh Research in Motion (sekarang BlackBerry Limited) untuk produk BlackBerry mereka diluncurkan di Amerika.

Untuk memanfaatkan layar kecil dan tombol kecil dan pengoperasian satu tangan yang khas dari telepon genggam, sebuah dokumen dan model jaringan khusus dibuat untuk perangkat mobile, Wireless Application Protocol (WAP). Sebagian besar perangkat mobile layanan Internet beroperasi menggunakan WAP. Pertumbuhan layanan telepon seluler pada awalnya merupakan fenomena Asia terutama dengan Jepang, Korea Selatan dan Taiwan dengan cepat menemukan mayoritas pengguna Internet mereka mengakses sumber daya melalui telepon dan bukan PC.

Negara-negara berkembang mengikuti, dengan India, Afrika Selatan , Kenya, Filipina, dan Pakistan semua melaporkan bahwa sebagian besar pengguna domestik mereka mengakses Internet dari telepon genggam dari pada PC. Penggunaan Internet di Eropa dan Amerika Utara dipengaruhi oleh basis komputer pribadi yang besar, dan pertumbuhan akses internet ponsel lebih bertahap, namun telah mencapai tingkat penetrasi nasional 20-30% di sebagian besar negara-negara Barat.

Cross-over terjadi pada tahun 2008, ketika lebih banyak perangkat akses Internet adalah ponsel daripada komputer pribadi. Di banyak bagian dunia berkembang, rasionya sama seperti 10 pengguna ponsel ke satu pengguna PC.

Itulah sedikit ulasan mengenai Sejarah singkat perkembangan Internet di Dunia  hingga saat ini. Semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar