Kamis, 26 Oktober 2017

Apa itu LAN Card ? Berikut Adalah Pengertian dan Fungsinya

Via Komputer - LAN Card meruppakan salah satu perangkat antar muka atau hardware dalam komputer yang khususnya bidang jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan perangkat jaringan lainnya menggunakan kabel. LAN Card sendiri memiliki jenis yang berbeda-beda atau sering disebut juga kartu jaringan, Network Interface Card (NIC) dan Ethernet Card.

Untuk membuat suatu Local Area Network (LAN) dalam suatu jaringan komputer dibutuhkan beberapa perangkat pendukung agar jaringan dapat terhubung dan berjalan dengan baik. Salah satu perangkat yang dibutuhkan salah satunya yakni LAN Card.

Pengertian Lan Card, Fungsi dan Jenis-Jenis Lan Card.


Jaringan komputer sendiri memiliki pengertian sekumpulan komputer yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan media kabel atau sinyal yang bertujuan untuk melakukan komunikasi. sedangkan  LAN Card merupakan salah satu media pendukung yang sangat vital perannya dalam membangun suatu jaringan komputer.

LAN Card berbentuk kartu ekspansi yang dipasang pada slot PCI di motherboard komputer. Untuk menghubungkan jaringan komputer, LAN Card umumnya menggunakan port RJ-45. Dalam pemasangan LAN Card biasanya harus menginstal terlebih dahulu driver dari LAN Card tersebut, ada juga LAN Card yang telah otomatis terinstal tanpa harus menggunakan driver.

Baca Juga:

Seiring dengan perkembangan waktu, peran LAN Card dalam jaringan komputer mulai tergeser keberadaannya dengan hadirnya perangkat wireless yang dianggap lebih efektif dan efisien yang digunakan tanpa harus menggunakan kabel. Namun, masih banyak juga pengguna komputer yang menggunakan perangkat LAN Card dalam jaringan komputer karena kecepatan transfer data bila dibandingkan dengan perangkat wireless.

Fungsi LAN Card

Seperti yang telah disinggung diatas, bahwa fungsi utama dari LAN Card adalah sebagai media penghubung dalam jaringan komputer dalam melakukan pertukaran data.

Adapun fungsi lain dari Ethernet Card ini yaitu.

  1. Sebagai pengontrol aliran data antar host/komputer dalam suatu jaringan.
  2. Mempersiapkan data dari komputer agar dapat ditransfer/dikirimkan ke komputer lain agar berjalan melalui media penghubung.
  3. Menerima data dari komputer melalui kabel dan diterjemahkan dalam bentuk bit yang dimengerti oleh komputer.


Jenis-Jenis LAN Card

Secara fisik terdapat 2 jenis LAN Card yaitu LAN Card internal dan LAN Card Eksternal. LAN Card internal terdapat langsung pada motherboard. Untuk motherboard keluaran sekarang biasanya LANCard telah terpasang secara otomatis. Ada pun LAN Card eksternal yaitu LAN Card yang dipasang secara manual pada slot motherboard.

Secara bentuk terdapat beberapa jenis untuk LAN Card, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. LAN Card ISA

LAN Card ISA adalah jenis LAN Card yang pertama kali diciptakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang jaringan komputer. LAN Card ini mempunyai slot berwarna hitam dan mempunyai satu sampai tiga. Ciri lain dari ISA adalah konektor outputnya support untuk BNC dan RJ-45.

2. LAN Card PCI

LAN Card PCI diproduksi pada tahun 1992 dan masih banyak digunakan hingga sekarang. LAN Card PCI ini merupakan pengembangan untuk menggantikan jenis LAN Card ISA. LAN Card PCI mulai digunakan pada komputer generasi Pentium 1 dan masih digunakan hingga komputer generasi sekarang. Bedanya jika komputer dulu terdapat banyak slot untuk LAN Card PCI, berjumlah kurang lebih 5 slot, berbeda pada motherboard komputer zaman sekarang yang hanya berjumlah 1 slot saja.

3. LAN Card USB

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, para produsen mengembangkan LAN Card untuk port USB. Tujuan dari pengembangan Lan Card ini adalah untuk memudahkan penggunaan LAN Card dalam jaringan komputer tanpa harus membuka casing komputer, cukup dengan menancapkan saja pada port USB.

Itulah sedikit pembahasan mengenai Pengertian Lan Card, Fungsi dan Jenis-Jenis Lan Card. Silahkan share artikel ini jika dirasa sangat bermanfaat. Namun jika dalam artikel ini masih ada kekurangan atau kurang jelas bisa tanyakan melalui kolom komentar di bawah.

0 komentar

Posting Komentar