Sabtu, 19 Agustus 2017

Belajar Dasar Teknik Jaringan Komputer

Belajar Jaringan Komputer

Via Komputer - Di awal pagi nan cerah ini, admin akan berbagi tips tentang bagaimana cara Belajar Dasar Teknik Jaringan Komputer.Untuk mempelajari Dasar Teknik Jaringan Komputer, hal yang harus dipahami terlebih dahulu di antaranya mengenai teori dasar, hardware dan software.

Kenapa kita harus pahami Teori Dasar Komputer dahulu? memang untuk mempelajari teknik jaringan komputer, memang kita harus terlebih dahulumenguasai dasar dari komputer. Mengerti jenis hardware dan fungsinya, memahami software atau perangkat lunak beserta kegunaannya.

Monggo, Kita bersama-sama belajar mengenai dasar teknik komputer

1. Teori Dasar Jaringan Komputer

Apa itu Komputer?

Ini yang sering tidak tahu oleh orang pada umumnya tentang pengertian komputer. Sebagian besar mereka hanya tahu kalau komputer merupakan alat teknologi yang dapat digunakan untuk mengetik tulisan kemudian untuk mencetak/print.

Komputer Adalah sebuah alat yang dipakai untuk mengolah data berdasarkan prosedur yang sudah dirumuskan. Sedangkan untuk fungsi dari komputer di antaranya adalah untuk berbagi file, berbagi fasilitas ( printer & scaner), dan berbagi koneksi internet atau intranet.

Untuk kompunen dari Komputer itu sendiri terdiri dari banyak hardware/perangkat keras yaitu
- Procesor
- RAM /memori
- Motherboard
- Hardisk
- Power Supply
- VGA
- Monitor
- CD Rom
- Casing

Lalu bagaimana sejarah tetang komputer?

Sejarah komputer sebetulnya mencakup beberapa hal, diantaranya adalah mencakup hardware/perangkat keras, arsitekturnya serta pengaruh terhadap software/ perangkat lunaknya.
Komputer gebnerasi pertama tercipta pada saat terjadinya perang dunia kedua. Tepatnya sekitar tahun 1941 seorang insinyur Jerman yang bernama Konrad Zuse telah membangun sebuah komputer, Z3 yang digunakan untuk merancang pesawat terbang dan peluru kendali.

Kemudian pada tahun 1943, pihak Inggris juga menemukan komputer pemecah kode yang diberi nama Colossus.Komputer Colossus merupakan sebuah komputer yang tidak serba guna seperti komputer-komputer sekarang ini, akan tetapi Colossus hanyalah komputer yang digunakan sebagai alat untuk memecahkan kode. Keberadaan komputer Colossus sendiri juga sangat dirahasiakan pada saat itu hingga satu dekade lamanya hingga perang dunia berakhir.

Kemuadian pada tahun 1948 munculah komputer generasi kedua.Yakni penemuan suatu komponen transistor yang dapat menggantikan fungsi dari tube vakum di televisi,radio dan komputer. Dampaknya ukuran mesin-mesin elektronik ukuanya menjadi sangat simple.
Oke itu sedikit sejarah dari keberadaan komputer saat itu. Sekarang kita menuju teori tentang
klasifikasi jaringan Komputer. sumber Wikipedia

Berbicara tentang teori Jaringan Komputer, klasifikasinya sebetulnya terdiri dari berbagai hal, diantaranya adalah sebagai beriikut:

1. Menurut Geografis, Secara garis besar teknologi jaringan komputer terdiri dari 3 kelompok yakni LAN (Local Area Network), WAN ( Wide Area NEtwork), MAN ( Metropolitan Area Network).

Sekarang kita kupas satu persatu tentang apa itu LAN, WAN , dan MAN.

LAN adalah  jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Misal kita pasang wifi dari ISP itu sudah dapat dikatakan sebagai jaringan LAN.

WAN adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit.

MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN

2.Berdasarkan Fungsinya. kalau berdasarkan fungsinya, jaringan komputer memiliki beberapa tipe client-server dan pear to pear.

- Jaringan Client Server - Sesuai namanya, Server atau penyedia layanan merupakan komputer yang memberikan layanan untuk komputer klien. Layanan itu bisa berupa data, akses atau bahkan multi service seperti file server, mail server atau web server.
- Jaringan Pear to Pear merupakan  jaringan di mana semua komputer dapat bertindak sebagai server maupun sebagai client.

Akan tetapi dari kedua tipe ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing

Kelebihan Jaringan Client Server
Kekurangan Jaringan Client Server
Kelebihan Jaringan Pear to Pear
Kekurangan Jaringan Pear to pear
3. berdasarkan topologi Jaringan,  Apa itu Topologi Jaringan?
Topologi Jaringan adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur penyusun jaringan yakni node, station dan link.

Artikel selanjutnya apa itu node, station dan link


0 komentar

Posting Komentar